7 Distro Linux yang (dibuat) Mirip Windows

Salah satu hambatan terbesar dalam migrasi dari  Windows ke Linux tidak terbiasa dengan lingkungan dan tampilan baru. Apalagi bagi orang yang sudah “Windows Minded”. Baginya komputer itu windows. Ditambah lagi dengan adanya mitos bahwa Linux susah digunakan dan tampilan yang tidak menarik.

Benar bahwa tampilan Linux itu tidak menarik, tetapi itu dulu. Sekarang tampilan Linux sudah berubah. GUI (Graphical User Interface) yang ditawarkan Linux sekarang semakin bervariasi bahkan melebihi Windows. Agar bagi orang-orang yang “Windows Minded” tertarik menggunakan Linux, maka beberapa distro pun dibuat mirip Windows. Berikut 7 Distro Linux yang dibuat mirip Windows :

1. Pinux

Pinux atau Pointer Linux dengan tampilan sangat mirip WindowsXP™ adalah sebuah desktop Linux bikinan dalam negeri. Dilengkapi dengan semua paket aplikasi sebagaimana sebuah desktop yang lengkap seperti suit office, klien email, klien chat, messanger dan multimedia yang 100% GPL (bebas Pungli). Juga disertakan beragam perkakas untuk administrator sistem. Fitur yang dikedepankan adalah fungsi sebagai klien WindowsXP™ SP2. Dengan demikian bila PINUX tersambung dalam sebuah jaringan yang mengandung sebuah WindowsXP SP2, maka ia dapat memanfaatkan aplikasi yang terpasang di Windows dari jarak jauh, bahkan dengan tampailan yang sama.

Sebagai contoh tipikal sebagaimana disebutkan website pengembangnya adalah aplikasi untuk WarNet:
Dalam satu internet café, terdapat 10 komputer Pinux dan 1 Komputer XP Pro (SP2), maka semua komputer Pinux akan dapat menggunakan Windows XP Pro tersebut pada waktu bersamaan dan dapat menggunakan semua aplikasi-aplikasi yang terinstall dalam Windows XP tersebut.

Pada mode full screen, desktop pada layar Pinux akan berganti menjadi desktop windows XP, sehingga pemakainya akan serasa menggunakan windows XP.

Proses komputasi tetap dilakukan pada komputer windows XP, sedangkan komputer Pinux hanya akan berfungsi sebagai desktop interface (tampilan), oleh karena itu banyaknya user yang sanggup dilayani oleh komputer windows XP tentunya akan sangat tergantung pada kapasitas memory dan kekuatan processor pada komputer windows XP. software dan petunjuk instalasi bisa dilihat di http://pinux.joglosemar.org

2. Famelix 1.3 XP

Distro Linux mirip Windows yang  kedua adalah Famelix 1.3 XP.  Linux buatan orang Brazil fiturnya kurang lebih sama dengan pclinuxos.  Dari tampilan secara default, terlihat xp banget tetapi tidak menghilangkan ciri khas kde linux nya. Namun sayang bahasa yang diguanakan adalah bahasa Brazil.

Linux ini dapat didownload di : http://www.famelix.fameg.edu.br/

3. YLMF

Linux yang merupakan turunan Ubuntu ini buatan China. Memiliki  interface yang bersih dan sudah disesuaikan untuk penggunaan sehari-hari serta untuk keperluan belajar Linux. Ylmf OS Dibuat berdasarkan pengalaman pengguna yang sudah mahir dan dapat diunduh gratis. Distro Ylmf ini memiliki respon cepat dan stabil serta cocok untuk keperluan belajar, bekerja, aktivitas internet, dan multimedia.

Jika Anda adalah pengguna OS Windows XP dan ingin mencoba Linux tetapi anda khawatir dengan GUI atau tampilan baru di Linux, Ylmf adalah solusi yang sangat baik karena memiliki tampilan seperti Windows XP.

4. Linux Vixta

Vixta adalah distro linux yang tampilannya mirin Win Vista. Distro ini dibuat untuk membuktikan bahwa linux juga memiliki kemudahan seperti mudahnya Vista. Vixta hampir mirip vista dari file manager, start menu, hingga di vixta juga tersedia Widget Layer. Vixta juga dapat menjalankan software dari windows yang dijalankan oleh Wine (emulator .exe file for linux).

Vixta memiliki beberapa kelebihan, antara lain :

  • Vixta tetap ringan seperti ringannya distro linux yang pada umumnya.
  • Vixta gratis diunduh secara global (tentunya).
  • Lebih bertenaga karena tidak memerlukan resource hardware yang tinggi!!
  • Pilihan software yang cukup memadai untuk pengguna harian.

5.  Dewa Linux

Dewalinux 3.0 adalah ciptaan anak bangsa ini(anak-anak Universitas Jember) yang user friendly karena turunan dari Ubuntu serta menitik beratkan pada warnet(warung internet) baik pada server ataupun kliennya. Adapun Dewalinux 3.0 ini sendiri adalah turunan dari Ubuntu 9.04/Jaunty Jackalope, paket 1 keping DVD sudah termasuk Dewalinux Warnet Server & Warnet Klien. Maka sangatlah pas bagi anda yang mempunyai warung internet yang berencana migrasi dari OS Windows ke Linux. Dewalinux 3.0 ini pun juga sudah dimodifikasi sehingga tampilan desktopnya tidak asing lagi bagi pelanggan & mirip dengan Windows 7. Dijamin tak kalah deh dengan produk Microsoft itu

6. Zorin

Zorin sendiri sebenarnya adalah sistem operasi berbasis Linux. Meski berbasis Linux namun sistem operasi yang dilansir dalam versi 32 bit dan 64 bit ini memiliki antarmuka dan cara kerja sangat mirip dengan Windows 7. Memang tak sepenuhnya sama karena bagaimanapun pembuat OS ini masih harus mempertimbangkan hak cipta namun secara keseluruhan, pengguna Windows 7 tak akan mengalami kesulitan beradaptasi.

Tombol Start yang ada di Windows 7 diganti dengan tombol berbentuk bulat dengan logo Zorin. Saat diklik, muncul deretan menu yang kental bernuansa Windows 7. Di deret paling bawah ada kolom pencarian sementara di atasnya berjajar sederet aplikasi termasuk email dan games. Di kolom sebelah kanan ada beberapa link menuju Douments, Pictures, Music, Videos dan lain-lain, nyaris sama dengan Windows 7.

Kesamaan ini memang disengaja karena pencipta Zorin memang bermaksud mengurangi waktu yang dibutuhkan pengguna untuk mempelajari sistem operasi ini setelah mereka terbiasa dengan sistem operasi keluaran Microsoft. Zorin dilengkapi dengan Look Changer yang berfungsi mengubah tampilan OS ini menjadi mirip dengan Windows 7, Windows XP atau Linux. Kalau Anda membeli versi premiumnya, Anda bisa mengubah tampilan Zorin menjadi mirip Windows Vista, 2000, atau Mac OS X.

Selain terlihat mirip dengan Windows 7, Zorin juga dilengkapi dengan WINE Windows Emulator yang memungkinkan Anda menginstal aplikasi berbasis Windows di sistem operasi ini. Kalau Anda tak mau berurusan dengan software bajakan, Zorin telah menyediakan cukup banyak aplikasi yang tersedia di Software Center, mirip dengan fitur milik Ubuntu.

Karena berbasis Linux, otomatis Anda tak perlu lagi dibuat resah oleh virus yang kebanyakan memang dibuat untuk bekerja pada sistem operasi Windows. Selain itu, Zorin konon juga bekerja lebih cepat dan lebih stabil dari Windows 7.

Dibanding Linux yang lain, juga memiliki keunggulan lain, diantaranya :

  • Sudah ‘built-in’ dengan codec multimedia
  • Sudah ‘include’ dengan Microsoft Truetype Corefonts.
  • Sudah dilengkapi dengan aplikasi Wine.
  • Sudah dilengkapi dengan GIMP.
  • Sudah dilengkapi dengan GParted dan Ubuntu-Tweak.
  • Sudah dilengkapi aplikasi FireWall.
  • Sangat enak untuk dikustomisasi.
  • Sudah dilengkapi VLC Media Player & OpenShot Video Editor

Artinya distro ini sudah dilengkapi dengan aplikasi yang sudah siap pakai. Distro ini dapat diunduh di http://zorin-os.com/

7.  React OS

REACTOS bisa di bilang separuh Linux dan Separuh XP. REACTOS adalah bikinan team pembuat Wine (Emulator untuk program windows agar bisa running di Linux). Aplikasi dan device drivernya dengan style windows mulus berjalan. Salah satunya adalah Adobe Photoshop.  Dan Sialnya (mungkin kata microsoft), lisensinya under GPL. Artinya walaupun senyaman Windows XP, tapi di banderol nol rupiah. Namun sayang perkembangan Distro ini bisa dibilang sangat lambat bila dibandingkan dengan Distro Linux yang lain.

Informasi lengkap mengenai REACTOS : http://www.reactos.org/support

Sumber :

  1. Google.com
  2. Merdeka.com
  3. linuxksb.wordpress.com
  4. balajarlinux.wordpress.com
  5. reactos.org
  6. dll (saya lupa.. )
About these ads

Posted on 29 Juni 2012, in Linux. Bookmark the permalink. 6 Komentar.

  1. react-os bukanlah linux karena kernelnya nt

  2. info yang bermanfaat, trimakasih

  3. terimakasih. wawasan yang bermanfaat

  1. Ping-balik: 7 Distro Linux yang (dibuat) Mirip Windows | Raja Sinopsis Indonesia

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 327 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: