Tag

, ,

Hamasah merupakan kata dalam bahasa arab yang artinya gelora atau semangat. Sama halnya dengan kata chaiyoo yang berasal dari bahasa jepang. Makna dari kata ini adalah senantiasa harapan agar tetap bersemangat dalam menggapai cita serta menghadapai berbagai macam rintangan dalam tiap nafas kehidupan. Belakangan ini beredar ungkapan yang sedang populer dikalangan remaja muslim saat ini yakni “keep hamasah”.

Dari penjabaran diatas maka maksud dari ungkapan tersebut adalah tetap semangat. Bermaksud untuk memberikan dorongan bagi orang lain untuk terus bersemangat.

Dalam menjalani hidup kita membutuhkan semangat karena tanpa semangat maka hidup tiada artinya.

Semangat adalah pemicu harapan untuk tetap bertahan, tetap hidup.

Semangat merupakan modal satu-satunya pada manusia untuk mencapai sesuatu, seperti cita-cita.

Semangat memberi kita kekuatan.

Dengan semangat kita pasti dapat menjalani hidup ini dengan langkah yang positif, sebab kita tahu kita akan berhasil karena usaha kita.

Semangat bisa menyembuhkan keterpurukan.

Dan dengan semangat kita bisa mencapai keberhasilan.

Seperti kata Alfred Housman :

“Tidak apa kalau Anda kehilangan semua harta asal Anda jangan kehilangan semangat”

Lalu bagaimana kita memaknai semangat dalam kehidupan? Terkadang kita begitu bersemangat untuk merencanakan sesuatu. Baik itu soal pekerjaan, karir, belajar/ menuntut ilmu, menjalin hubungan, usaha, berkarya maupun dalam mengejar target. Kita tahu bahwa semangat itu ada pada keyakinan dalam diri kita. Kita juga tahu bahwa semangat itu ada pada minat kita terhadap apa yang akan dan kita lakukan.

Tapi terkadang itu barulah sebuah rencana dan bukan berarti semangat yang sesungguhnya. Karena sejatinya sebuah semangat itu bukan hanya mesti ada diawal kita melakukan sesuatu. Tapi ia perlu dipertahankan dan dimunculkan terus menerus dalam menyelesaikan apa yang kita lakukan. Sehingga rasa semangat itu benar-benar menjadi energi kita dalam berproses.

Arti semangat adalah bagaimana kita bisa membuktikan dan mempertahankan semangat itu sendiri. Tentunya bukan sebuah rencana diawal saja. Tapi dalam seluruh proses yang sudah kita inginkan dan kita jalankan sebaik mungkin dengan rangkaian rasa semangat tersebut.

Apakah arti semangat ?

Apakah kita masih bersemangat saat baru saja kita menemukan kendala ?

Apakah kita masih bersemangat ketika rasa lelah mulai menghampiri kita ?

Apakah kita masih bersemangat saat sebuah masalah datang di hidup kita ?

Dan apakah kita masih bisa bersemangat ketika menemukan jalan buntu di ujung jalan kita ?

Dari beberapa pertanyaan diataslah kita tahu seberapa besar kita bisa mengartikan apa yang dinamakan dengan semangat yang sesungguhnya. Seperti halnya waktu, bukan berarti semangat itu hanya ada pada pagi hari yang cerah, segar dan begitu riang gembira.

Namun semangat itu juga harus tetap ada di saat siang yang begitu panas, gerah dan penuh beban dalam pikiran kita. Hingga sore pun tiba menjemput malam, kita juga harus mempertahankan semangat tersebut sampai hari berakhir dengan malam yang menutup hati dengan ketenangan.

Semangat itu muncul dari sebuah keyakinan. Keyakinan itu merupakan sesuatu yang muncul karena dijalani bukan karena perkataan semata. Semoga kita semua senantiasa bersemangat, memahami dan merasakan arti semangat di hari-hari kita, semangat di setiap waktu dalam hidup kita.

So… keep hamasah guys … !!!

Referensi :

http://kemanabintang.blogspot.com